Video ini Bisa Jadi Penyebab Web iCloud Activation Lock Dihapus

Judul

Apple secara mengejutkan sudah menghapus laman untuk mengecek status iCloud Activation Lock. Hingga artikel ini tim MakeMac bagikan,belum ada pernyataan resmi dari Apple mengenai keputusan tersebut. Namun dikutip dari laman MacRumors, ada sebuah video yang beredar di YouTube dan bisa jadi merupakan alasan Apple untuk menghapus fitur ini. Yaitu video mengenai alat untuk mengganti IMEI di komponen sebuah iPad yang terkena status iCloud Activation Lock.

By changing one or two characters of an invalid serial number, hackers are able to generate a valid serial number, using the Activation Lock tool for verification purposes to make sure it’s functional.

[embedded content]

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.



Dapat kamu lihat di video tersebut (mulai menit 5:15), alat ini dapat mengganti IMEI yang ada di komponen iPad via sebuah software di komputer. Langkah yang dilakukan adalah mengganti beberapa digit angka IMEI yang dideteksi sebagai data perangkat lain, harus valid dan belum terpasang akun iCloud. Cara pengecekan yang digunakan tentunya melalui website iCloud Activation Lock dari Apple.

Setelah menemukan IMEI yang masih “kosong”, program dan alat yang digunakan akan memasukkan data tersebut dan teknisi tinggal merangkai kembali komponen tadi ke iPad. Dapat kamu lihat pada akhir video, iPad yang tadinya terkunci di status Activation Lock, dapat langsung lewat begitu saja karena sudah mendapatkan IMEI baru.

Kasus ini bisa jadi salah satu penyebab dari masalah perangkat iPhone yang baru dibeli, sudah terkunci dengan iCloud Activation Lock. Masalah ini hanya bisa diselesaikan oleh Apple dengan mengganti unit baru kepada pembeli iPhone tersebut. Cerita lengkapnya dapat kamu cek di artikel berikut.



Tidak ada bukti langsung bahwa Apple menutup fitur pengecekan iCloud Activation Lock karena tindak kejahatan seperti di video tersebut. Saya pribadi beranggapan bahwa Apple punya alasan lain yang lebih penting. Ya, ini mengingat proses di video tadi memerlukan alat yang mahal, keahlian tinggi dan tentunya hanya mendapatkan prosentase sangat kecil dari setiap masalah perangkat curian pada kondisi iCloud Activation Lock. Bagaimana pendapat kamu?

Bagi kamu yang belum tahu, iCloud Activation Lock adalah salah satu fitur yang dikenalkan Apple di iOS 7. Fitur ini akan mengunci perangkat iOS yang hilang atau dicuri dan masuk ke proses Restore. Di tahun 2014, Apple menghadirkan website untuk mengecek iCloud Activation Lock guna membantu kamu yang ingin membeli iPhone bekas atau menjualnya. Cara penggunaan website ini adalah memasukkan IMEI dari perangkat yang ingin dicek dan hasilnya akan tampil, apakah masih terkunci atau sudah lepas dari akun iCloud.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar