WhatsApp Resmi Rilis Fitur Two-Step Verification




Setelah hadir dalam versi Beta, fitur Two-Step Verification di WhatsApp akhirnya hadir untuk pengguna umum. Kini kamu dapat meningkatkan keamanan dari akun WhatsApp dari orang lain yang berusaha melakukan verifikasi yang kamu gunakan.

Two-step verification is an optional feature that adds more security to your account. When you have two-step verification enabled, any attempt to verify your phone number on WhatsApp must be accompanied by the six-digit passcode that you created using this feature.

Sesuai dengan kutipan di atas, fitur Two-Step Verification berguna untuk mencegah orang yang tidak berhak dengan nomor kamu, melakukan verifikasi awal ke WhatsApp. Contoh kejadian yang paling sederhana adalah ponsel dicuri atau Sim Card diambil dan login WhatsApp menggunakan SMS verifikasi. Untuk mencegah hal ini, WhatsApp memberikan 1 lapisan keamanan tambahan yaitu mengatur kunci keamanan berupa 6 digit angka.

Cara menambahkan fitur ini juga sangat mudah. Tinggal masuk ke Settings > Account > Two-step verification > Enable. Setelah itu masukkan 6 digit passcode yang ingin kamu gunakan sebagai Two-Step Verification di WhatsApp. Pengguna juga bisa menambahkan akun email sebagai cadangan keamanan jika kamu melupakan passcode yang tadi sudah diatur. Ingat, pastikan untuk menggunakan tautan di email tersebut saat kamu membutuhkannya ya. WhatsApp juga mencatat bahwa tidak ada proses verifikasi email di mode ini, jadi pastikan tidak ada kesalahan penulisan email atau hal lainnya.



Sebagai tambahan catatan, WhatsApp akan mencegah proses verifikasi ulang selama 7 hari, jika kamu lupa passcode dan tidak dapat menekan tautan dari email yang didaftarkan sebelumnya. Setelah 7 hari, proses verifikasi ulang dari sebuah akun WhatsApp dapat dilakukan tanpa passcode, namun semua pesan yang belum terbaca yaitu selama proses menunggu tersebut. WhatsApp juga mencatat bahwa akun kamu akan dihapus setelah lebih dari 30 hari tidak melakukan verifikasi ulang.

Passcode dari Two-Step Verification akan tampil secara berkala saat menggunakan aplikasi ini. Hal tersebut dilakuan untuk mencegah kamu lupa dan tentunya menjamin keamanan lebih baik. Tidak ada pengaturan untuk mematikan fitur tersebut, kecuali kamu melepaskan mode Two-Step Verification. Bagaimana pendapat kamu mengenai fitur Two-Step Verification di WhatsApp? Apakah akan menggunakan fitur ini? Bagikan di kolom komentar ya!

Download WhatsApp Messenger · Harga: Gratis






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar