Windows 10 Kini Dukung OpenSSH

Jakarta – Microsoft belakangan ini terus menambah fitur ke Windows 10 agar sistem operasinya itu lebih nyaman digunakan oleh para developer. Klien OpenSSH ada penambahan terbarunya.

Klien OpenSSH ini akan tersedia langsung sebagai opsi beta di Fall Creators Update Windows 10. Ini artinya, developer — atau siapa pun yang membutuhkan OpenSSH — tak perlu lagi menggunakan software pihak ketiga seperti PuTTY untuk menggunakan OpenSSH.

Sebagai informasi, OpenSSH adalah protokol yang banyak digunakan oleh developer jika ingin mengakses server secara remote. Biasanya untuk menggunakan protokol ini dibutuhkan software pihak ketiga, PuTTY adalah salah satu opsi yang populer.

Demonstrasi fitur OpenSSH di Windows 10 ini juga dipamerkan dalam bentuk video oleh ServeTheHome. Dalam video tersebut, aktivasi fitur ini di Windows 10 terlihat sangat mudah, demikian dikutip detikINET dari The Next Web, Sabtu (16/12/2017).

OpenSSH adalah langkah Microsoft terbaru agar sistem operasinya nyaman digunakan oleh developer. Sebelumnya, Microsoft juga sudah membuat framework .Net-nya menjadi open source, serta bergabung dengan Linux untuk membawa Ubuntu dan Bash ke Windows 10. (asj/fyk)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply