XL Diminta Menkominfo Genjot 4,5G Demi Asian Games

XL Diminta Menkominfo Genjot 4,5G Demi Asian GamesFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta – XL Axiata mengaku mendapat permintaan dari Menkominfo Rudiantara untuk mempersiapkan jaringan 4,5G dengan kecepatan maksimal 300 Mbps demi menyambut Asian Games 2018 di Palembang.

“Kami sebenarnya tak buru-buru karena 4G baru diluncurkan tahun lalu. Ini karena kami diminta Pak Rudiantara untuk siap-siap menyambut Asian Games dua tahun lagi,” ungkap Vice President LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono, di Grha XL, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Sejauh ini, XL baru mengomersialisasikan jaringan 4,5G di empat kota saja, yakni di Jabodetabek (500 eNode B) dengan menggandeng Ericsson, dan di Bandung (400 eNode B), Surabaya (300 eNode B), dan Denpasar (200 eNode B) bersama Huawei.

“Hingga akhir tahun, di Jabodetabek akan jadi 2.500 eNode B. Sedangkan tahun depan, kotanya pasti akan ditambah. Salah satunya di Palembang demi Asian Games itu tadi karena nanti pasti banyak yang streaming video,” lanjut Rahmadi yang belum lama ini meraih Satyalencana Wirakarya.

Jaringan 4,5G mulai digelar XL dengan menggunakan implementasi 4T4R 4×4 MIMO. Director Service Management XL Yessie D. Yosetya menjelaskan, secara teknis 4T4R adalah teknologi yang gunanya meningkatkan kecepatan akses data dan kestavilab layanan 4G LTE.

Caranya adalah menggunakan teknologi kombinasi empat sinyal transmit dan empat sinyal receive. Dengan kata lain, teknologi ini dipercaya akan lebih cepat dibanding 2T2R yang diterapkan pada jaringan 4G LTE.

Pihak Ericsson yang menjadi mitra vendor infrastruktur jaringan XL mengklaim, 4,5G bisa menghasilkan kecepatan download dua kali lipat dibanding 4G saat ini.

“Kalau 4G rata-rata kecepatannya itu 150 Mbps. Di 4,5G bisa dua kali lipat secara teori. Jadi hitung-hitung bisa mencapai 300 Mbps. Saat uji coba tadi speed yang diterima 270 Mbps,” ujar VP Network Ericsson Ronni Nurmal.

Kemudian pihak XL sempat mendemonstrasikan kecepatan 4,5G menggunakan aplikasi SpeedTest. Di kawasan Mega Kuningan, kecepatannya mencapai 270 Mbps.

Dijelaskan Rahmadi, jaringan 4,5G tetap menggunakan frekuensi 1.800 MHz di band unlicensed 5GHz. Ini membuat pengguna existing 4G LTE tidak perlu mengganti kartu SIM ponsel.

Hanya saja, perangkat mobile yang kompatibel dengan jaringan 4,5G baru Samsung Galaxy S7 dan iPhone 7 karena sudah dilengkapi empat antena.

“Ponsel yang lain bisa turut memaksimalkan sinyal 4,5G. Secara teknis, nanti mereka tetap bisa merasakan dua sinyal terbaik dari empat kombinasi sinyal transmit 4,5G tersebut,” tutur Rahmadi.

XL Axiata sejauh ini memiliki 44 juta pelanggan, di mana delapan jutanya sudah menggunakan teknologi 4G LTE. XL mempunyai sekitar 66.353 menara BTS, di mana 6.600 BTS sudah mendukung 4G di 88 kota Indonesia.
(rou/rns)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar