Yahoo! Bakal Tinggalkan Bisnis Search Engine, Ini Ceritanya | Tempo Teknologi

Rabu, 02 Desember 2015 | 14:52 WIB


Yahoo! Bakal Tinggalkan Bisnis Search Engine, Ini Ceritanya

Kantor Yahoo. straitstimes.com

TEMPO.CO, Jakarta – Dewan direksi Yahoo! akan bertemu untuk merundingkan apakah perusahaan ini menjual bisnis utamanya atau melepas sahamnya di Alibaba, demikian laporan Wall Street Journal, seperti dikutip AFP.

Dewan direksi Yahoo! akan menggelar pertemuan maraton sejak Rabu sampai Jumat untuk membahas rencana spinoff saham Yahoo! di Alibaba atau mengganti fokus usaha dengan menjual bisnis intinya. 

Bulan lalu sebuah lembaga pengelola dana (hedge fund) yang menaruh saham di Yahoo! mendesak raksasa Internet itu mengurungkan rencana spinoff sahamnya di Alibaba dengan lebih menjual bisnis intinya sebagai mesin pencari.

Permintaan hedge fund Starboard Value ini dilontarkan saat Yahoo! tengah membangun entitas korporat baru yang menguasai saham Alibaba yang akan berupa spinoff.

Namun rencana spinoff ini diselimuti keprihatinan bahwa langkah itu mungkin tak memperoleh status bebas pajak dari otoritas keuangan AS yang berisiko menumpuknya tagihan pajak para pemegang saham Yahoo!.

Dalam suratnya, kepada dewan direksi Yahoo dan kepala eksekutif Marissa Mayer, Starboard menyebutkan spinoff entitas bernama Aabaco Holdings itu bukan pilihan terbaik Yahoo!, dengan malah menyarankan menjual bisnis mesin pencari Yahoo! dan bisnis iklan display.

ANTARA

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply