YouTube Rilis Daftar Ponsel ‘YouTube Signature Device’, Kenapa Tidak Ada iPhone?

YouTube hari ini merilis laman ‘YouTube Signature Device’. Yaitu daftar perangkat ponsel terbaik yang mendukung semua fitur terbaru secara maksimal untuk menonton video dari YouTube. Dari belasan ponsel tersebut, Samsung Galaxy Note 9 menjadi yang paling atas. Namun tidak ada satupun perangkat iPhone yang ada dalam daftar tersebut. Apa alasannya?

Dikutip dari beberapa sumber, kabarnya hal ini terjadi karena perang penggunaan video codec antara Apple dan Google selama ini. Ya, Apple memang tidak mendukung VP9 Codec di perangkat iOS atau peramban Safari. Padahal dukungan codec ini menjadi salah satu penilaian yang digunakan untuk YouTube dalam membuat daftar YouTube Signature Device.

To qualify as a Signature Device, a phone must support high dynamic range, high frame rate, reliable DRM performance, 4K decoding, and use next generation video codecs. We’ve worked with manufacturers to verify these devices meet or exceed our performance expectations.



Sesuai dengan kutipan di atas, ada beberapa penilaian lain dari YouTube untuk bagian Signature Device selain dukungan VP9 Codec. Yaitu mendukung video HDR, Frame Rate tinggi, 4K decoding, dan masih banyak lainnya.

Meskipun perangkat iPhone tidak masuk dalam daftar di atas, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati YouTube dengan baik dan lancar di perangkat iOS ya. Beragam fitur di YouTube juga tetap dapat dinikmati dengan baik di perangkat iPhone atau iPad.

Apakah kamu sering mengakses YouTube di perangkat iOS? Jangan lupa untuk menyimak daftar fitur rahasia di YouTube for iOS yang pernah tim MakeMac ulas ya!





About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply