Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan RAM 8 GB

Las Vegas – Asus memanaskan arena CES 2017 dengan smartphone terbarunya bernama Zenfone AR. Sebuah ponsel Android yang mencuri perhatian karena jadi yang pertama mengusung RAM 8 GB!

Di samping RAM super besar itu, Zenfone AR dikatakan sebagai smartphone pertama di dunia yang mendukung teknologi augmented reality (AR) sekaligus virtual reality (VR). Kedua teknologi tersebut diyakini akan jadi tren di jagat smartphone, khususnya Android, tidak lama lagi.

Asus membenamkan kedua teknologi tersebut bekerjasama dengan Google melalui Daydream, sebutan untuk platform VR milik Google serta Tango, julukan untuk teknologi AR dari Google.

Zenfone AR adalah smartphone kedua yang mendukung Tango setelah kehadiran Lenovo Phab 2 Pro tahun lalu. Sedangkan smartphone yang mendukung platform Daydream saat ini juga belum banyak tersedia. Diperlukan headset Daydream View untuk menikmati platform VR tersebut.

Teknologi AR didukung ponsel ini melalui kamera dengan sistem TriCam, yaitu resolusi 23 megapixel, motion tracking serta kamera depth sensing.

Salah satu aplikasi AR yang diunggulkan adalah hasil kerja sama Asus dengan perusahaan pakaian GAP, di mana user bisa mencoba pakaian GAP layaknya di ruang ganti di mana saja melalui Zenfone AR.Serta kerja sama dengan BMW melalui aplikasi bernama iVisualizer, di mana user bisa melakukan kustomisasi atau menjelajahi mobil BMW dalam lingkungan digital.

Main game juga bisa makin menyenangkan dengan AR, di mana user seakan bisa ‘menghamparkan’ game dengan latar belakang dunia nyata, contohnya seperti Pokemon Go namun dalam taraf lebih canggih. Google menjanjikan ke depannya akan makin banyak aplikasi yang mendukung AR.

Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan RAM 8 GBFoto: Fino Yurio Kristo/detikINET

Zenfone AR memakai layar seluas 5,7 inch resolusi Quad HD, prosesor powerful Qualcomm Snapdragon 821, serta smartphone yang pertama kali menggunakan RAM sebesar 8 GB. Saat ini, RAM di smartphone paling besar masih di ukuran 6 GB.

“Kami sangat senang menjadi yang pertama menyediakan Tango dan Daydream,” ujar CEO Asus, Jonney Shih, seperti disaksikan langsung oleh detikINET di arena CES 2017 Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (5/1/2017).

Dia menjanjikan Zenfone AR akan mulai dipasarkan pada kuartal II 2017. Sayang, tak disebutkan berapa kisaran harganya. Kemungkinan cukup mahal. (fyk/rou)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply