Facebook Uji Helikopter Drone, Buat Apa?

Jakarta – Facebook belum kapok mencoba drone untuk keperluan menyebarkan koneksi internet, setelah drone Aquila-nya pernah kecelakaan ketika terbang.

Kali ini mereka menguji drone berbentuk helikopter yang punya fungsi sama dengan Aquila, yaitu menyebarkan koneksi internet. Bedanya, tentu karena bentuknya helikopter, drone anyar ini akan bisa mengapung di satu tempat selama berbulan-bulan.

Drone bernama Tether-tenna ini rencananya akan dioperasikan di daerah yang terkena bencana alam. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan jaringan kabel optik yang masih bisa berfungsi setelah bencana.

Jadi Tether-tenna akan terhubung dengan kabel fiber dan listrik, dan menjelma menjadi tower internet instan, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (21/4/2017).

“Jika kabel fiber masih bisa digunakan, kami bisa membuat tower virtual dengan menerbangkan Tether-tenna beberapa ratus meter di atas tanah. Saat selesai, teknologi ini bisa langsung dioperasikan dan beroperasi selama berbulan-bulan untuk menghadirkan konektivas darurat, untuk memastikan komunitas lokal tetap dapat terkoneksi sementara koneksi yang berada di tanah diperbaiki,” tulis Facebook dalam keteranganya.

Namun sayangnya, Tether-tenna saat ini masih berada dalam masa pengembangan. Sehingga belum bisa dioperasikan secara penuh dalam waktu dekat. (asj/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar