Mendingan Beli Charger Original atau KW?

JakartaMending beli charger KW atau original? Mau beli original sayang uangnya karena lebih mahal, beli KW takut bikin rusak ponsel. Bagaimana ya?

Jawaban:

Selama harga charger original lebih murah daripada ongkos membetulkan smartphone yang mungkin rusak karena charger KW, sebaiknya membeli charger original, begitu prinsip ekonominya.

Jika charger KW lebih murah tetapi juga cepat rusak dan kita harus membelinya beberapa kali, lebih baik membeli charger asli yang (harusnya) tahan lama.

Charger original sebenarnya tidak mahal asal kita membelinya di tempat yang tepat. Charger dan kabel masuk dalam paket garansi smartphone. Tergantung mereknya, ada garansi sesuai umur garansi smartphone selama 1 tahun untuk charger, kabel, dan baterai, dan ada garansi yang hanya 6 bulan. Keterangan ini bisa kita baca di kartu garansi.

Jadi kalau charger rusak dalam masa garansi, coba saja klaim ke service center sebelum membeli yang baru.

Service center adalah tempat yang tepat untuk membeli charger original dengan harga murah, atau sesuai. Karena setiap vendor berharap unit yang mereka jual tidak banyak mengalami kerusakan, dan salah satu kerusakan bisa saja karena asesoris yang tidak asli.

Apalagi menyangkut baterai, charger, dan kabel, yang memungkinkan smartphone mudah rusak bahkan terbakar karena tidak sesuai standar. Biasanya charger yang sama berharga lebih mahal di toko-toko asesoris atau toko penjual smartphone dibanding di service center.

Membeli di service center resmi juga biasanya lebih menjamin bahwa charger yang kita beli memang asli. Charger KW biasanya berharga lebih murah karena part di dalamnya lebih sedikit, dan biasanya tidak memiliki pengaman arus, sehingga smartphone kita rentan rusak atau bisa saja terbakar. (jsn/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar